Cara Memperbaiki Kipas Angin Putaran Jadi Pelan

Sering kita jumpai masalah kerusakan pada kipas angin yang putaran nya jadi pelan, memang pastinya kita sudah menduga bahwa penyebabnya adalah adanya kotoran debu atau sejenis rambut yang menyumbat, meskipun penyebabnya kadang dari lilitan motor itu sendiri yang lemah, lalu bagaimana cara mengatasi kipas angin yang jadi berputar pelan?

Memperbaiki kipas angin yang putaran nya jadi pelan memang bisa dibilang mudah, tapi harus diperlukan ke hati-hatian sebab saat kita melakukan pembongkaran suka terjadi kawat gulungan yang mempunyai ukuran kecil itu putus, bahkan kadang tergores oleh obeng atau besi Kern yang akibatnya gulungan terjadi konslet dan putus, tapi jika kita berhati-hati pasti aman apalagi kita sudah terbiasa membongkar untuk membersihkan nya.

Faktor Penyebab Putaran Kipas Angin Jadi Pelan


Jika kipas angin berputar menjadi pelan dan kita dibiarkan saja, tentunya akan mengakibatkan terjadi kerusakan fatal pada kipas angin tersebut, sebab jika sampai putaran macet akan menyebabkan over heat (panas berlebihan) pada gulungan motot kipas tersebut, yang ujungnya kipas malah mati dan rusak parah, maka dari itu sebelum terjadi kerusakan lebih fatal alangkah baik nya kita langsung antisipasi dengan memperbaikinya.

Seperti yang disebutkan diatas bahwa faktor Penyebab putaran kipas angin jadi pelan yaitu, adanya penyumbatan pada rotasi motor kipas tersebut, bisa saja sebab debu yang menempel, sejenis rambut yang menyumpal atau kering nya As motor hingga terjadi macet atau bisa dari lilitan motor lemah, kapasitor lemah, dan fuse yang lemah. Meskipun kipas angin tersebut bermerek ternama juga tidak menjamin ke awetan jika dipaksakan dalam kondisi lemah putaran atau seret, alangkah baiknya kita rutin membersihkan dan memberikan pelumas pada as motor nya supaya lebih awet, sehingga putaran kipas pun normal saat digunakan.

Cara Memperbaikinya


Lakukan pembongkaran dengan hati-hati, saat membuka Gulungan motor tersebut usahakan jangan sampai menarik terlebih dahulu As nya, biarkan saja dulu rapat setelah baut semuanya terbuka, kemudian kita geser pelan-pelan besi cover dari gulungan tersebut dan jangan dulu menggeser as dari Besi Kern tengah sebab posisi lilitan kadang ada yang menonjol ke dalam hingga lingkaran As terhalang lilitan, jika kita memaksa mengeluarkan akan terjadi goresan pada lilitan tersebut hingga terjadi putus, jika sudah putus susah menyambungnya kembali bahkan jika bukan hanya satu yang putus susah untuk diperbaiki kembali.

gulungan kipas angin
Jadi kita lihat dulu baik-baik saat melakukan penggeseran as untuk dikeluarkan dari Casing dan Besi Kern gulungan tersebut, lihat bagian sebelah mana yang lingkaran lebih besar dan cukup untuk mengeluarkan As motor nya, dan hati-hati dengan kawat lilitan yang kecil supaya jangan tertarik atau tergores.

Proses Penyelesaian


  • Setelah semua mesin kipas angin terbongkar, lakukan pembersihan pada As tersebut dibantu dengan kain dan pelumas Oli, jangan sampai kita  membersihkan dengan benda yang kasar atau Ampelas biar As tersebut tidak habis dan jadi mengecil, yang mengakibatkan nantinya putaran oblak sehingga kipas akan cepat kotor dan panas jika terjadi oblak dan longgar.
  • Berikan pelumas pada Bosing yang terdapat pada Casing penutup gulungan, berikan oli pada kedua blok Bosing (poros putaran As) tersebut, biasanya ada busa penyerap nya jadi beri pelumas yang sekira cukup banyak biar ada cadangan sisa pelumas dalam bosing, dan perlu di ingat dalam memberikan oli tersebut jangan menggunakan oli bekas, sebab jika memakai oli bekas yang sudah hitam dan kotor akan mengakibatkan As cepet habis dan Seret karena kotoran oli, jadi harus pakai oli baru dan tidak kotor lebih bagus oli yang kualitasnya baik.
  • Setelah semua langkah pembersihan selesai tinggal tutup dan pasang kembali, dan lakukan pemukulan pelan-pelan oleh obeng ujung as bagian baling-baling kipas tersebut, hal ini dilakukan agar posisi As tepat pada poros kedua bosing tersebut, jadi putaran seimbang dan tidak terjadi macet, pemukulan atau pengetrekan pada as lakukan juga saat mesin kipas di coba dinyalakan sehingga berputar sebelum pemasangan baling-baling, setelah sekira putaran stabil kita baru pasang semua perangkat kipas tersebut dan siap dipakai kembali.
Penyebab yang Lain Apabila Proses Pembersihan Tapi Tetap Saja Putaran Kipas Pelan

1.Periksa kapasitor bila perlu ganti dengan yang baru, biasanya mempunyai nilai 1uf/400v sampai 2uf/400v,  sebab jika kapasitor lemah akan mengakibatkan putaran juga lemah, bahkan akan susah saat start awal harus dibantu oleh tangan, periksa juga bosing jika terjadi oblak atau longgar bisa jadi putaran tidak stabil.

2.Periksa fuse atau sejenis Thermostat yang biasanya terdapat pada himpitan tali gulungan kipas, bisa saja lemah bahkan bisa terjadi putus hingga kipas tidak bisa berputar sebab arus listrik tidak masuk, tapi dalam hal ini perlu lebih hati-hati sebab berbaur dengan kawat gulungan yang kecil.

3.Yang terakhir jika masih terjadi putaran kipas pelan periksa gulungan, jika salah satu kawat lilitan ada yang putus bisa juga menyebabkan terjadi pelan putaran, terutama di bagian lilitan starting yaitu kapasitor, jadi jika terjadi putus seolah-olah kapasitor tidak bekerja dan tidak berfungsi, periksa menggunakan Avometer untuk memastikn gulungan masih baik atau tidak.

Lakukan dengan hati-hati proses pengerjaan diatas agar tidak terjadi kerusakan makin parah, dan jangan lupa cabut colokan kontak pada listrik sebab kadang kita lupa saat pengetesan atau mmbuka dalam posisi listrik masih terpasang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

7 komentar

komentar
June 23, 2018 at 1:14 AM delete

Assalamu'alaikum bang ni saya punya kipas angin udah ganti kapasitor dengan thermostat'y tapi masih di bantu dengan tangan untuk putar'y gimana ya bang udah di bersihkan juga pake pelumas beering'y mohon solusinya bang

Reply
avatar
September 1, 2018 at 8:47 PM delete

bos, numpang nanya..
klo kumparan macet bila dipasang baling"/kipas.. tp bisa muter klo dilepas baling"nya...
kemungkinan besar lemah di dinamo.. tp bagian nama yaa yg rusak ato perlu diganti...?

Reply
avatar
March 15, 2019 at 6:05 PM delete

Sebelumnya kipas berjalan normal, namun mendadak berhenti seperti ada yang tersangkut dan as kipas menjadi agak serat berputar. Saya bongkar sendiri, beri pelumas, dan juga bersihkan gulungan sepul. Akkhirnya sepul dan as berputar dengan normal kembali. Namun setelah di pasang justru putaran menjadi lemah bahkan hingga tidak berputar sama sekali. Tapi bunyi mendengung dari sepul tetap ada dan berbunyi normal, hanya saja tidak ada putaran sama sekali. Di mana letak kesalahan saya ya?

Reply
avatar
April 24, 2023 at 2:28 AM delete

izin bertanya, Kipas angin padam total, ditespen arus listrik masuk, trus sekringnya putus, Apakah boleh sekringnya di jumper aja?
Thanks

Reply
avatar