Cara Pasang Antena Parabola 2 LNB Sendiri Tahap Dasar Untuk Pemula

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikitnya membahas tentang cara pasang parabola LNB 2 sendiri, dari awal pemasangan sampai selesai siaran dapat ditonton, sebab dalam pemasangan parabola ini bisa di bilang gampang-gampang susah, seperti terlihat gampang tetapi sebenernya memang perlu keakhlian dan ketelitian juga dalam memasang parabola ini, agar mendapatkan kwalitas gambar yang sempurna.

Pertama kita harus terlebih dahulu mempersiapkan seperangkat antena parabola komplit dan peralatan pendukung lainya, yaitu sperti: dish, LNB, RECIEVER, kabel antena, dan yang lainya sperti smen dan pasir adukan untuk mengecor tiang.

Silahkan tanamlah terlebih dahulu tiangnya (jika dipasang di tanah bukan di bagian atap/tembok). Tiang parabola dengan posisi lurus keatas dan jangan miring supaya titik fokus saat tracking lebih sempurna, apabila susah mengira-ngira kelurusan bisa menggunakan alat yg anda tau, atau yang lebih praktis lagi anda bisa menggunakan benang yang diberi batu kecil kemudian luruskan sejajar dengan tiang, kemudian lihat arah vertikal dari empat sisi.

Setelah tiang parabola kuat terpasang/gak goyah, dengan ditanam adukan pasir dan smen (kalau kita pasang di tanah) sambil menunggu agak kering, biasanya kita sambil merakit dish parabola mounting dan LNB.

Langkah Perakitan LNB Parabola 2 LNB

Cara pemasangan parabola 2 LNB yaitu: untuk penangkapan 2 satelite (palapa dan telkom) lihat arahan gambar dibawah ini yaitu memakai internal diseq.

cara pasang lnb 2
Kalau memakai LNB Cband yang tunggal semua tanpa ada diseq switch di LNB,kita bisa mempergunakan diseq switch:

diseq switch parabola
Silahkan pasang LNB sperti terlihat pada gambar diatas posisi pemasangan nya, atur posisi garis angka 0 yang terdapat di bagian atas LNB, harus berada pada garis lurus antara LNB 1 dan LNB 2. Untuk posisi LNB 1 digunakan untuk satelite PALAPA yaitu memakai LNB yang konektornya ada 2 dan ditempatkan di sebelah paling barat, Untuk posisi LNB 2 dipakai untuk satelite TELKOM yaitu memakai LNB yang konektor nya cuma 1 dan ditempatkan di sebelah timur.

Hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam pemasangan LNB parabola ini adalah misalnya : perlu di sesuaikanya jarak antara LNB1 dengan LNB2 (posisi rapat atau renggangnya), untuk jarak bisa di sesuaikan dengan besarnya lingkaran dish, misalnya kita menggunakan dish 6 feet atur lebih rapat jaraknya antara LNB1 dan LNB2, dan untuk dish 8 feet atau lebih diberi lebih renggang, silahkan bisa kita sesuaikan saja jaraknya untuk mendapatkan hasil sinyal yang ok. Kalau kita ukur nya dari ujung posisi titik penampung LNB untuk (6 feet antara 0,5cm -sampai dengan 1,5cm), dan untuk (8 feet antara terukur 1,5cm - sampai dengan antara 2,5cm).

jarak lnb parabola
Kemudian jangan lupa di sesuaikan juga posisi tinggi rendah nya LNB biasanya atur pada posisi 38 atau 40.

posisi pasang lnb parabola
Setelah perakitan DISH beserta LNB nya selesai lalu kita pasangkan ke tiang untuk selanjutnya tinggal tracking, disini kita stel baut-baut jangan dulu terlalu kencang beri sedikit longgar yang penting bisa untuk di gerakkan posisi nya, tapi jangan terlalu kendor juga nanti bisa nyungsep dish nya kalau kita lepaskan pegangan.

Setelah semua perangkat selesai dirakit termasuk reciever sudah dipasang ke tv dan dinyalakan, kita ke tahap tracking satelite, atur reciever di salah satu channel yang biasanya terkuat sinyalnya misalnya di channel Rodja tv, dan kemudian pijit tombol info di remote, atau cari layanan menu info sebab cara masuk menu info di reciever juga kadang berbeda.

Nah biasanya pada langkah pencarian fokus kwalitas sinyal "Tracking" inilah yang perlu kesabaran juga keahlian khusus, sebab kadang juga kita mendapatkan lokasi yang sulit sinyal, apalagi di sekeliling nya dipenuhi rerimbunan pohon, makanya usahakan menempatkan posisi parabola yang strategis juga posisi diatasnya tanpa ada halang-halang yang merintangi misalnya dahan pohon, dan nantinya juga akan membuat dish parabola kejatuhan dedaunan kering atau ranting.

Langkah dan Cara Tracking Satelite

Posisi tracking nya yaitu:
  • Kita sendiri yang mau memasang atau melakukan pencarian sinyal berdiri berada di posisi bagian selatan tiang,dan posisi stelan mounting juga berada di sebelah selatan.
  • Atur posisi pertama dish tegak lurus dulu ke atas kemudian miringkan sedikit condong ke arah selatan, disini langkah awal biasanya kita mencari satelite Palapa dulu,maka channel info di reciever tetapkan di saluran satelite Palapa misalnya MNC.
  • Setelah itu baru kita geser sedikit demi sedikit antara posisi jalur timur dan barat, sambil kita lihat kwalitas sinyal yang di dapat pada layar tv, aturlah sedikit demi sedikit mounting "jangan sekaligus" arah kecondongan ke posisi utara, dan atur juga kemiringan antara posisi alur timur ke barat, biasanya posisi tepatnya untuk satelite Palapa itu agak condong ke timur sedikit banget derajat kemiringan nya, dan ini cuma tahap awal pencarian sinyal dulu di Palapa sebab nanti gimana fokusnya dengan Telkom kalau sudah berada pada sinyal terkuat, lakukan juga pergeseran menyamping putaran mounting dan tinggi rendahnya cangkul LNB secara perlahan sampai tepat titik fokus dalam kwalitas sinyal yang tinggi. Dalam kita melakukan tracking ini harus berpedoman "slow but sure" yaitu melakukan nya secara geser perlahan-lahan, terkecuali kita sudah mahir atau profesional dalam proses pemasangan parabola, maka bisa dengan lebih cepat dalam menyelesaikan tracking sebab sudah terbiasa dan berpengalaman.
  • Kemudian setelah sinyal channel muncul dengan kwalitas bagus lanjutkan ke tracking satelite Telkom,biasanya gak terlalu geser cuma tinggal ngepas-ngepasin sedikit saja, kalau agak kesulitan keseimbangan titik fokus antara satelite Palapa dan Telkom silahkan cek settingan 22k di reciever, setting 22k di stelan satelite Palapa Mati dan di satelite Telkom 22k Hidup.
  • Setelah semua beres dengan mendapatkan kwalitas sinyal yang bagus tanpa ada channel yang gambarnya macet-macet, tinggal kencangkan saja semua baut nya supaya kokoh dan aman, dan usahakan menjaga Antena Parabola yang sudah terpasang agar terhindar dari tangan-tangan jail, seperti anak-anak yang iseng menarik-narik dish parabola dengan pengait atau merusak ram dish dengan cara menobros pakai kayu, atau hal lain yang tentunya pasti membuat kwalitas sinyal terganggu dan akan membuat kita jengkel tentunya.
Demikian sedikitnya mengulas cara pasang parabola LNB 2 yang mudah-mudahan artikel ini ada manfaatnya bagi yang membaca.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

7 komentar

komentar
October 13, 2016 at 3:49 PM delete

Syh gan pasng lnb 2 cuma telkom yng dapay

Reply
avatar
August 4, 2017 at 4:46 AM delete

Bozzz,,,,klo lnb matrix yg hadap keatas gmana cra psangnya,,,model lc-888

Reply
avatar
September 15, 2017 at 10:05 PM delete

Sateletile nya harus telkom sama palapa gan? Apa bisa salah satu satelit tersebut diganti?

Reply
avatar