Cara Memasang dan Mengganti Mesin TV

Ada kalanya kita perlu melakukan pergantian mesin tv dengan yang baru, hal ini disebabkan misalnya mesin tv yang asli sudah tidak layak untuk dipakai, seperti kerusakan yang sangat parah dan sulit untuk diperbaiki, tidak menemukan separepart/komponen untuk mengganti kerusakan, atau keadaan kondisi pcb mesin sudah parah jalurnya terlalu banyak yang cacat.

Sering juga kita memilih ganti mesin atau biasa kita sebut GM, jika memang kondisi tabung masih bagus, dengan memilih ganti mesin tv mempermudah juga bagi kita, saat dihadapkan pada kondisi penyakit tv yang sangat parah, dengan ganti mesin juga akan mempercepat proses penyelesaian, daripada lama tidak kelar juga penyakit tv tersebut yang memang sudah mentok.

cara pasang mesin tv, mengganti mesin tv
Atau juga banyak yang memilih ganti mesin tv sebab jadul tapi keadaan kualitas gambar yang dihasilkan sudah jelek, biasanya tv yang jadul masih serba manual membuat si pemilik memilih ganti mesin, walaupun memang masih ada juga yang memilih mempertahankan mesin aslinya walaupun jadul, sebab biasanya yang jadul katanya lebih tahan bantingan dan bandel.

Dari beberapa penyebab ganti mesin diatas bisa kita negosiasikan pada pemilik tv, dan memang rata-rata bersedia jika tv nya diganti mesin dengan yang baru, walaupun mesin baru adalah mesin china, yang penting tv bisa normal kembali dengan disertai komplit fasilitas remot juga.

Hal yang perlu diperhatikan pada saat kita mengganti mesin tv, dan bagian yang biasanya memerlukan pembenahan dengan baik diantaranya:

1.lihat kondisi tabung dan besarnya tabung, untuk crt flat 29 inch lebih baik menggantinya dengan mesin yang mempunyai fasilitas EW digital.

2.bagian vertikal dan horizontal yang kadang perlu settingan teliti.

3.pada soket crt yang perlu diperhatikan juga supaya sesuai, karena ada tabung yang mempunyai dua kaki fokus seperti pada tv merek sony.

4.posisi letak mesin tv pada box tv tersebut, supaya memilih mesin tv yang sesuai untuk bisa muat.

Untuk alat pendukung lainya saat kita melakukan pergantian mesin tv diantaranya lem bakar atau disebut lem lilin, ini biasanya perlu juga kita siapkan, sebab pada saat membenahi mesin baru suka ada yang perlu di tata letak nya, lem bakar biasanya sering digunakan dalam pengerjaan ini.

Langkah-langkah cara pemasangan mengganti mesin tv:

  • Biasanya langkah yang pertama dilakukan adalah menyambungkan kabel ground dari crt pada ground pcb letak socket crt, ini dimaksudkan supaya tidak terjadi lupa saat kita mencoba menyalakan mesin tersebut, sebab apabila kabel ground tersebut tida terpasang bisa juga berakibat fatal yang membahayakan ic program, bisa rusak apabila menyala tanpa ground crt terhubung.
  • Kemudian pasang kop FBT pada tabung, dan hati-hati memasang kop FBT ini jangan sembarang pegang, termasuk juga jika pegang lingkaran lubang tabung, sebab kadang masih ada tegangan tinggi yang tersimpan, akan mengakibatkan kita tersengat listrik yang lumayan mengagetkan.
kop plyback fbt

  • Kemudian setelah itu pasang kabel konektor yang telah tersedia dari pin bagian vertikal dan horizontal diterapkan pada yoke, biasanya untuk kabel warna merah dan biru itu untuk dipasang pada bagian horizontal, untuk posisi penempatan socket pada mesin bagian horizontal dan vertikal dipasang standar dulu saja, sebab biasanya kabel warna merah hor utama bisa di pindah-pindah ada pin pilihan yang telah tersedia pada mesin untuk menyesuaikan tegangan, ini berfungsi untuk memperlebar layar atau memperkecil.
  • Untuk posisi kabel pada bagian yoke sementara tidak apa terbalik, asalkan jangan salah penempatan, harus dipasang bagian horizontal dan vertikal pada kumparan yoke masing-masing, biasanya kabel warna merah dan biru untuk horizontal berada pada pin sebelah belakang, dan untuk vertikal berada pada pin yang posisinya dekat tabung, keduanya sejajar kiri dan kanan.

pasang yoke tv
  • Dalam penempatan kabel pada yoke ini perlu diperhatikan biar tidak salah, umumnya kumparan horizontal memiliki kawat yang banyak di ujung pada pin kiri dan kanan sejajar terlihat, dan untuk kumparan vertikal cuma 1 kawat atau dua kawat pada ujung menempel pada pin tempat kabel tersebut, apabila posisi keduanya salah paling mengakibatkan posisi layar terbalik, tinggal kita pindahkan saja yang asalnya dari kanan ke pin kiri, asal jangan salah penempatan bagian pin horizontal dipasang pada bagian pin vertikal, ataupun sebaliknya.
  • Sampai tahap ini kita selanjutnya tinggal memasang socket pada crt/tabung, sesuaikan socket dengan jenis pin tabung tersebut, dan pasang juga socket untuk tombol panel.
  • Lalu setelah itu pasang kontak arus listrik, dan kemudian tinggal mencobanya menyalakan mesin, lihat penampakan tampilan pada layar, apabila ada yang kurang pas pada lebar layar kita atur bagian horizontal tadi.
  • Tapi apabila yang kurang pas adalah posisi atas bawah, tinggal kita sesuaikan dengan masuk pada factory, biasanya apabila mesin merek wcom ada lobang pada remote untuk masuk menu servis, tekan dua kali dan lanjutkan penyesuaian vertikal serta horizontal apabila belum pas.
  • Selanjutnya jika mengalami masalah suara yang terlalu besar saat pergantian mesin baru, walaupun volume sudah berada pada posisi min satu strip, kita tinggal cari options pada factory/service mode, cari pengaturan stereo jika berada pada posisi 1 ubah saja jadi 0, maka suara akan normal tidak terlalu keras lagi.

Setelah semua sudah di setting dengan baik, tinggal kita benahi saja letak mesin dan tombol agar sesuai dengan box tv, selesai sudah memasang mesin tv dengan melakukan pergantian menjadi mesin baru.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

komentar
March 25, 2017 at 7:38 AM delete

Saya baru memasang mesin baru ke TV saya, dan ajaib terbalik...gambarnya. Di pin Horizontal TV sata kok malah satu lilitan kabelnya ya? Kalau saya bolak-balik akan mengalami kerusakan parah nggak ya?

Reply
avatar
March 25, 2017 at 7:39 AM delete

Saya baru memasang mesin baru ke TV saya, dan ajaib terbalik...gambarnya. Di pin Horizontal TV sata kok malah satu lilitan kabelnya ya? Kalau saya bolak-balik akan mengalami kerusakan parah nggak ya?

Reply
avatar
February 14, 2021 at 1:57 AM delete

I have an x-Tronic CRT 21" tv and need instructions on how to enter the service mode. Please copy reply to garage.maintenance@gmail.com

Reply
avatar
March 15, 2023 at 3:43 PM delete

Mesin wecom 29 slim apa kuat untuk tabung sony wega 29 inch

Reply
avatar