TV SHARP Universe 20U200 Mati Protek Kedip 8 Kali

SHARP Universe 20U200 dengan gejala kerusakan mati protek dan led kedip 8 kali, menghadapi kasus semacam ini memang tidak bisa dianggap enteng, terkadang dalam kerusakan protek sharp itu seperti terlihat spele, tapi proses analisa mencari penyebabnya yang diperlukan ketelitian dan kesabaran, maka kerap terjadi kegagalan saat memperbaiki protek tv sharp itu jika kita tidak mengetahui titik-titik letak protek.

Seperti pada kasus sharp yang terjadi protek dengan hanya kode led kedip 8 kali, yaitu pada model sharp universe 20U200 ini mempunyai kasus kerusakan seperti itu, awalnya memang kita menganalisa penyebab dari kode kedip tersebut, sebab tv sharp memiliki kode led tersendiri jika terjadi protek, itu bisa kita jadikan bahan acuan dalam penelusuran penyebab tv bisa terprotek tidak mau nyala sama sekali, karena sinyal protek tersebut akan memberikan info terhadap IC apabila terjadi kegagalan dari salahsatu komponen pada mesin tv tersebut, sebelum kita lumpuhkan dan perbaiki penyebab proteknya tv tidak akan bisa nyala.

TV SHARP Universe 20U200 Mati Protek Kedip 8 Kali
sharp universe 20u200 protek kedip 8 kali

Menurut saya diantara model sharp yang lain, sharp chasis model seperti ini termasuk sempurna, awetnya juga gak ketulungan tapi yang bikin greget yaitu proteknya berlapis-lapis, paling ajib deh pokoknya dalam sistem proteknya, selain sensor tegangan juga dilengkapi sensor signal, sensor data digital, sensor digital eksternal dan ditambah pake sirkit IK/AKB juga, nah disitu kadang saya merasa mumet hehe ...

Kode protek kedip 8 kali artinya ada masalah pada bagian digital eksternal, atau pada bagian yang terhubung dengan IC program melalui protocol 12C, dan pada chasis model ini berarti masalah di prediksi ada pada tuner PLL, IC sw atau ic sound AN5891K.

Pertama coba cek pada tegangan out regulator dan ternyata semua ok baik-baik saja, kemudian dilanjutkan dengan cek tegangan suply uoc pin 53, 56, 61 (3,3v) semua ok, lalu pin 14, 39 (8v) ok juga. Kemudian penelusuran dilanjutkan pada pin protek pin 8 (3,2v) ok juga, tegangan sda scl eep (3,2v) ok, sda scl ext (sda 3,8v dan scl 4,6v), nah disini kedapatan tidak adil, terukur tegangan berat sebelah alias pincang.

Selanjutnya penelusuran dilanjutkan, pertama coba cut jalur sda scl tuner ternyata masih pincang, kemudian cut jalur sda scl ic sw av masih juga belum ada perubahan yaitu masih pincang, diteruskan cut jalur sda scl ic sound Nah .. Seimbang juga akhirnya, itu dia ternyata masalah penyebab yang bikin protek sharp universe 20U200 ini ternyata ada dibagian sound, setelah ic AN5891K diganti akhirnya tidak protek lagi, tv sharp universe ini juga bisa nyala normal kembali tanpa protek.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
January 24, 2022 at 4:02 AM delete

Jelas sekali uraiannya gan
Sangat membantu sekali
Sukses selalu gan..

Reply
avatar