Cara Mengakali Tv China Warna Jadi BW / Hitam Putih

Terdapat kasus kerusakan pada tv china IC LA76810/8 dengan gejala tidak keluar warna, atau jadi BW (Black White) alias hitam putih, terjadi pada posisi siaran maupun pada posisi AV.

Penulusuran pencarian penyebab warna jadi hilang dan hitam putih, dimulai dengan mencoba mengganti X-tal 4,43, SAW filter, juga pada komponen yang ada pada bagian jalur pin 38 dan 39, tapi masih tidak membuahkan hasil, tetap saja warna tv jadi hitam putih, bahkan sudah dicoba dengan mengganti IC LA7681x pakai IC cadangan yang masih bagus, tapi tetap sama hasilnya belum dapat teratasi penyakit tv China ini.

Solusi cara memperbaiki tv china tidak keluar warna atau jadi hitam putih (BW)

Kemudian dicoba menyentuh pin 39 dari IC dengan jari ternyata warna bisa muncul, jadi apakah penyebab hilang warna jadi hitam putih jika pin 39 dilepas lagi?, dan akhirnya ketemu solusinya dengan mencoba memasang kawat jumper langsung, yaitu dengan mengganti kapasitor C209 15pf dan Resistor R209 nilainya 470 ohm, kedua komponen tersebut yang berada pada pin 38 IC utama, diganti langsung dengan kawat jumper, dan warna tv ahirnya muncul normal kembali.

Kenapa diakali dengan jumper langsung komponen tersebut bisa muncul warna lagi?, gak habis fikir karena penyakitnya sudah sembuh ya service tv china tersebut dianggap selesai, hehe, yang penting sudah normal dan warna mulus tanpa cacat, yang tadinya punya problem hitam putih bisa normal seperti sediakala, kerjaan servis juga beres.

Seperti itulah jika sobat punya problem penyakit tv yang sama, bisa mengakalinya dengan cara seperti diatas, terlihat pada gambar yang diberi warna merah komponen C dan R tersebut yang diakali, jika memang sudah mentok cari penyebabnya gak ketemu juga, itu merupakan jurus terakhir cara memperbaiki warna tv jadi hilang, atau jadi hitam putih (BW) bisa diselesaikan dengan mudah. Semoga coretan pengalaman service tv ing bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar