Cara Menghilangkan Gosing Warna Belang Pelangi Pada TV

Jika kerusakan yang terjadi pada tampilan warna tv tabung/crt yang belang atau degausing dan biasanya disebut gosing, terlihat layar tv nampak ada timbul warna yang muncul mencolok belang-belang, biasanya di pinggir-pinggir atau disudut layar tv. Penyebabnya bisa juga tadinya ada magnet yang posisinya dekat dengan tv, atau kadang sebab seringnya tv disimpan dilantai dan dipindah-pindahkan, dan ada juga dari rangkaian degausing dalam tv ada masalah.


Mengenai permasalahan warna pelangi atau gosing pada tv tersebut ada pengalaman waktu itu dari tv yang termasuk belum lama dipake, si pemilik tv tersebut menyimpan power amplyfier aktif/speaker aktif di samping tv tersebut, walaupun letaknya memang tidak terlalu dekat, tapi lama-lama muncul gosing pada sudut tabung tv tersebut, awalnya memang cuma terlihat sedikit saja muncul, dan lama-lama jadi membesar.

Pemilik tv mungkin tidak tau bahwa jika tabung tv terlalu dekat dengan magnet akan merusak kondisi warna tv hingga akan terjadi gosing.

Jadi jangan menyimpan magnet terlalu dekat dengan tv agar tidak terjadi hal seperti itu, posisikan perangkat elektronik lain yang didalamnya ada terdapat magnet agar menjauh dari tempat penyimpanan tv.

Cara mengatasi warna tv jadi belang, warna pelangi, degausing.

Cara mengatasinya adalah dengan mendekatkan magnet pada bagian tabung layar yang terkena gosing, dekatkan magnet lalu tarik ke arah samping sampai noda belang gosing pada warna layar tersebut hilang, apabila masih tetap sulit hilang balikan medan magnet yang kita pegang sampai mampu membuat gosing itu hilang, jika gosing tersebut berada dibagian tengah tarik dulu diarahkan ke pinggir tabung atau bisa juga menarik magnet yang kita pegang ke arah depan.

Apabila masih belum hilang juga walaupun sudah berkali-kali dibuang oleh magnet, bahkan belang warnanya makin acak-acakan, kemungkinan cara kita mendekatkan dan menarik magnet yang kita pegang belum benar. Atau juga memang ada kerusakan pada bagian PTC (Positive Temperature Coeffisien) pada mesin tv, coba ganti dulu komponen tersebut jika warna belang masih sulit hilang.

Munculnya warna pelangi pada layar tv bisa juga disebabkan setelah melakukan pergantian yoke/konde, kita harus pas kan saja posisi yoke kemudian dibuang pakai magnet atau pake alat degausing khusus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
September 29, 2017 at 12:10 AM delete

kalo politron LED bagaiman hilanginnya?

Reply
avatar
November 25, 2017 at 5:39 PM delete

di lepas di luar rumah di jamin hilang gan,.hhhhhh

Reply
avatar