Mengenal Istilah-istilah Pada Tegangan Yang Sering Kita Jumpai

Dalam rangkaian Elektronik seperti TV, DVD, LCD dan yang lainya, sering kita jumpai istilah-instilah yang dinamakan sebagai bahan petunjuk suatu komponen atau tegangan, baik itu berbentuk singkatan maupun jenis sebutan yang diterapkan, berikut adalah uraian singkat tentang istilah-istilah Tegangan yang sering dipakai untuk nama dan petunjuk suatu tegangan.

Mengetahui istilah-istilah pada Tegangan yang umum dipakai
1. VCC adalah yang disebut dengan tegangan supply Colector, lawannya adalah VEE. C dan E merupakan singkatan dari Colector dan Emitor, yang artinya komponen aktif pada rangkaian yang di supply tersebut ialah sebuah Transistor/igbt. Adapun VDD adalah yang disebut tegangan supply Drain, yang lawannya adalah VSS, D dan S tersebut adalah merupakan singkatan dari Drain dan Source, yang artinya komponen aktif pada rangkaian yang disupply nya adalah sejenis FET/MOSFET.

2. GND adalah netral yang artinya yaitu bukan VEE atau juga VSS, tapi walaupun sering juga dijumpai VEE atau VSS dijadikan satu bersama jalur GND, seperti pada rangkaian Amplifier OCL, yaitu mempunyai outputnya adalah Emitor, sedangkan supply masing-masing terdapat pada Colector Transistor, jadi masukan supplynya dapat disebut VCC+ dan VCC-, sedangkan netralnya adalah GND (0).

3. VREF adalah yang disebut tegangan referensi, tegangan tersebut digunakan untuk acuan regulasi/setelan.

4. AVDD adalah yang disebut dengan tegangan supply Analog, sedangkan DVDD adalah tegangan supply digital, seperti hal nya dengan istilah AVCC dan DVCC, cuma perbedaanya adalah pada komponen aktifnya saja.

5. HVDD adalah merupakan supply tegangan untuk IC Column Driver dan Row Driver (jika dipakai).

6. VGH adalah merupakan tegangan gerbang positif (tinggi) atau VGH (Voltage of Gate High), adapun VGL adalah merupakan tegangan gerbang negatif (rendah) atau singkatanya dari (Voltage of Gate Low). Kemudian yang disebut GATE adalah nama dari salahsatu kaki Fet/Mosfet, yang artinya kaki tersebut disupply oleh VGH dan VGL yang berkomponen aktif berjenis Fet/Mosfet.

7. VCOM adalah singkatan dari Voltage Common yang berarti tegangan yang dipakai bersama, seperti yang terdapat pada layar LCD yang terdapat didalamnya ribuan bahkan jutaan komponen aktif, jadi komponen aktif ini memerlukan tegangan bersama yang disebut VCOM.

8. VGAMMA adalah merupakan tegangan gamma, yang biasa suka disingkat dengan istilah VGMA atau VGM.

Itulah beberapa istilah-istilah yang sering dijumpai dalam petunjuk tegangan suatu perangkat elektronik, seperti dalam tv, dvd, tv LCD dan yang lainya, misalnya dijumpai sebagai petunjuk dalam board mesin ataupun skema.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

komentar
August 25, 2018 at 12:31 PM delete

mas mau tanya,sering nemu di power ampli rakitan,ada istilah vcc+,vcc-,B+,B- itu perbedaannya apa y? dan masing" suplai darimana?

Reply
avatar
July 13, 2023 at 4:47 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar