TV LG PEARL BLACK Rusak Layar Bergaris Tengah



Kali ini ada kasus kerusakan tv LG Pearl Black dengan problem layar bergaris tengah menyamping atau posisi horizontal, kata yang punya tv tersebut katanya seperti ada yang hangus dari dalam tv sebelum kerusakan, dan bau komponen yang terbakar.

Biasanya problem kerusakan tv layar tampak bergaris ditengah posisi sejajar horizontal atau menyamping adalah rusak bagian Vertikal, dan setelah casing tv dibuka dan dilakukan pengecekan ternyata memang terdapati IC Vertikal yang rusak jebol, yaitu IC LA 78141 yang gosong, kemudian langsung saja dilakukan pergantian pada IC Vertical LA 78141 tersebut.

Tapi setelah IC diganti masih saja tetap layar belum terbuka, jadi penyakitnya masih belum hilang, dan dilanjutkan penelusuran pada tegangan, setelah di periksa bagian tegangan 26 volt ternyata hilang, dan ternyata didapati Resistor mungil Fr301 = 4k rusak atau putus.

Kemudian sesudah dicek semua tegangan dirasa sudah aman nan normal, terutama supplay ke bagian Vertical, tv dicoba kembali tapi ternyata kok masih belum juga layar terbuka. Di cek lagi tegangan dari Chroma normal, dalam fikiran apa memang IC Chroma yang rusak?.


Tapi penasaran pada IC Vertikal lagi yang mungkin gagal sebab dipasang sebelum tegangan normal, setelah IC Vertikal LA 78141 diganti lagi akhirnya layar terbuka dan gambar juga normal seperti biasa.

Jadi kesimpulan pada pengalaman kerusakan pada tv LG Pearl Black diatas adalah, jangan terburu-buru langsung ganti komponen yang rusak tanpa memeriksa jika ada penyebab lain yang mengakibatkan komponen tersebut jadi rusak, jadi sebelum memasang komponen yang akan diganti kita harus teliti dulu penyebabnya, supaya tidak membingungkan dalam pengerjaan garapan service tv tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
Anonymous
May 29, 2017 at 5:08 AM delete

minta nomer telponnya mas

Reply
avatar
January 3, 2023 at 10:38 AM delete

terima kasih atas informasinya.

Reply
avatar
January 3, 2023 at 10:39 AM delete

terima kasih atas informasinya

Reply
avatar