Fungsi dari IC UPC574 Pada TV

Membahas tentang fungsi dari IC UPC574 yang tentunya sering kita jumpai komponen ini pada tv, IC ini mirip transistor 3 kaki yang kaki tengahnya tidak terpakai, jadi cuma 2 kaki saja yang dipakai. Apakah fungsi dari IC UPC574 ini? Yaitu dipergunakan sebagai stabilizer atau penyetabil tegangan 33 volt untuk rangkaian menuju tunner, ic ini juga bisa digantikan oleh dioda ziener 33volt yang mempunyai prinsip kerja yang sama yaitu sebagai penyetabil tegangan 33volt tersebut.

Jadi berfungsi pada rangkaian tv yang berhubungan dengan sistem tuning atau pada bagian tunner. Supplay arus 33volt tersebut biasanya didapatkan dari tegangan 115volt B+ yang di seri dengan resistor 10k, dan pada jalur tersebut dipasangkan IC UPC574 dengan posisi paralel, yang dimaksudkan paralel disini adalah berhubung dengan ground. Biasanya jika terjadi problem pada tegangan 33volt ini bisa menimbulkan gejala tv tidak dapat siaran atau tidak bisa menyimpan siaran, atau bisa juga berakibat siaran channel tiba-tiba bergeser dengan sendirinya walaupun channel sudah dapat tersimpan.


Pada kasus kerusakan tv yang disebabkan oleh rangkaian 33volt tersebut memang sering juga terjadi, adapula terjadi problem siaran disebabkan resistor yang posisi kakinya sudah keropos pada jalur rangkaian 33volt menuju tunner, biasanya tv jadul yang sudah lama dipakai yang kadang mengalami problem tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »