Mengatasi TV POLYTRON Error AGEING


Apabila Terjadi kerusakan tv Polytron problem muncul tulisan AGEING, tv ini memakai IC HBM04-01 dan IC STV2238 yaitu sudah berjenis IC SMD.

Pada problem kerusakan tersebut masih muncul gambar maupun suara, tapi kita tidak bisa membuat standby tv tersebut dari power remote, juga apabila tv dihidupkan tidak muncul tulisan logo Polytron, disamping gejala seperti diatas juga ada problem lain yaitu posisi layar terlihat sangat terang seperti ABL tidak berfungsi, contras dan bright nya over.

Cara mengatasi kerusakan tv polytron seperti diatas yaitu kita coba masuk saja ke service mode (sermod), untuk tv polytron kan masuk sermod dengan menekan 3101 dan disana tinggal merubah Option 3, bit 4 dari asalnya 1 kita rubah menjadi 0.

Nah disini kan masalahnya untuk masuk sermod nya itu yang susah sebab tv tersebut tidak bisa masuk ke standby mode, jadi apabila kita matikan tv pakai tombol power yang ada di remote supaya standby tidak bisa.

 Jadi kita harus mengikuti cara berikut agar masalahnya bisa terselesaikan.

  • Yaitu pertama dengan mengganti dulu IC memory dengan yang lain dan aslinya dilepas dulu pokoknya supaya kita bisa masuk ke mode standby.

  • Setelah tv dalam posisi standby kita copot lagi IC memory yang tadi sementara tersebut tanpa melepas colokan tv atau tanpa mematikan saklar tv, jadi biarkan tv masih tetap dalam keadaan standby.

  • Setelah kita copot/lepas pasang lagi IC memory dengan yang asli lagi dalam posisi standby lalu kita masuk sermod dengan cara seperti biasa yaitu menekan dan tahan tombol menu pada remote sampai tv nyala muncul ke posisi service mode.

  • Kemudian cari OPTIONS 3 bit 4, dan disana kita ubah dari asalnya 1 menjadi 0, dengan cara menekan tombol ANASEL pada remote untuk merubahnya.

Kemudian setelah itu tekan kembali menu supaya data bisa tersimpan, lalu kita tekan kembali tombol power pada remote untuk keluar dari posisi service mode dan tv jadi standby, setelah itu baru kita bisa nyalakan lagi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »