Cara Mengatasi Kerusakan TV LCD Sharp LC32LE2651 Lampu Indikator Hanya Kedip-kedip Saja


Kali ini menulis tentang cara service tv LCD merek Sharp LC32LE2651 yang rusak hanya lampu led indikator yang yala merah kedip-kedip, dan tv tidak bisa Start atau hidup, berikut membahas cara mengatasi kerusakan tv LCD Sharp tersebut.

Pada model jenis LCD merek Sharp seperti ini atau seperti model tv Sharp LCD LC32M400 memang sering juga mengalami problem dari inverter yang Error, jadi kalau inverter sampai terjadi 5x Error maka akan mengakibatkan mikrokontrol terkunci, lalu bagaimana jika sudah terjadi error dan mikrokontrol terkunci?, solusinya yaitu dengan melakukan "Clear" pada eeprom supaya tv LCD bisa nyala normal kembali.

Cara melakukan CLEAR eeprom tv LCD Sharp

  • Solusi agar tv bisa hidup lagi jika terjadi kerusakan seperti diatas adalah pertama kita harus memakai remote aslinya untuk masuk ke menu Clear memory.
  • Kemudian kita tekan tombol TV/VIDEO pada remote dan tekan VOL - Down pada panel tv LCD dengan cara bersamaan, lalu kita colokan ke listrik, tunggu sehingga lampu indikator menyala dan tv juga menyala.
  • Setelah itu pada layar akan muncul huruf K, dan pada posisi ini akan dapat terlihat bahwa sudah terjadi error inverter sampai 5 kali.
  • Kemudian tekan tombol CH - down dan VOL - Down dipanel tv LCD untuk kita masuk pada menu selanjutnya.
  • Lalu kita terus saja tekan-tekan tombol CH - Down sampai kita akan menemukan pada posisi menu item EEP CLEAR, disini kita tinggal merubah saja dari tadinya OFF ubah jadi ON dan kemudian tekan pada remote tombol ENTER untuk menyelesaikan.
  • Kemudian matikan dulu tv LCD nya lalu kita hidupkan lagi, jika langkah diatas sudah dilakukan dengan benar biasanya berhasil dan tv pun bisa nyala normal kembali.

Itulah cara memperbaiki tv LCD merek Sharp yang tidak mau start, hanya lampu indikator saja yang nyala merah kedip-kedip, dengan catatan jika memang sudah dilakukan CLEAR eeprom tapi tv masih belum bisa nyala normal, maka kita harus melakukan perbaikan pada inverternya dulu, sebab biasanya inverter itulah yang jadi penyebabnya, lakukan perbaikan inverter dulu (tanpa disambung pada kontrol Board) dengan cara memberikan tegangan ke kontrol BL-On, semoga dengan cara tersebut penyakitnya bisa diatasi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

9 komentar

komentar
October 3, 2016 at 6:13 AM delete

Cara perbaiki tv lch sharp 32 yang gak mau nyala. Berhenti di lampu stand by merah gmn om?

Reply
avatar
December 14, 2016 at 8:13 AM delete

Mau nanya mas cara memperbaiki inverter gimanaya ?

Reply
avatar
April 22, 2017 at 7:36 AM delete

Mau tanya mas saya sudah tekan tombol Input dan V- terus lampu indikatornya menyalah warna hijau.tapi gambar tetap tidak ada/tidak ada gambar sama sekali.
Itu apanya y?

Reply
avatar
April 21, 2018 at 1:30 AM delete

Remote Sharp LC-32LE260I saya gak ada tombol TV/Videonya gan. Terus harus tekan tombol yang mana gan?

Reply
avatar
October 13, 2019 at 3:40 AM delete

Punya saya sudah disavemode sampai dilamp hijau menyala tapi layarnya ngga hidup

Reply
avatar
March 15, 2021 at 5:58 AM delete

Remote Sharp LC-32LE260I saya gak ada tombol TV/Videonya gan. Terus harus tekan tombol yang mana gan? Beda type

Reply
avatar
August 15, 2022 at 2:54 PM delete

MSA mau nanya
Tv lcd LC 32LE625I apa bila bl nya mati apakah protec ?

Reply
avatar
August 15, 2022 at 2:57 PM delete

Tv lcd LC32LE265I bila bl nya mati apakah proyek ?

Reply
avatar