Fungsi dan Cara Kerja IC Memory (eeprom) Pada TV


Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang IC Memory TV (eeprom), yang sudah tidak asing lagi bagi tekhnisi dalam menangani problem yang disebabkan oleh ic memory, maka sedikitnya akan kita tulis disini tentang fungsi dan cara kerja ic memory atau eeprom.

Fungsi IC Memory atau Eeprom

IC Memory pada televisi yaitu yang berfungsi sebagai penyimpanan data configurasi, untuk penyimpanan data factory seperti sub contras, white balance, dan juga sebagai setting data Adjustmen seperti volume, warna, dan lainya.

Memory tv ini ada bergagai jenis dan tipe seri, jika dilihat dari kapasitasnya memory yang biasa digunakan adalah jenis seri 24Cxx, yang dimaksud dengan xx itu biasanya seri menurut ukuran kapasitan memory itu sendiri. Misalnya 24C04 yang berarti mempunyai kapasitas 4 kilobit, jadi yang biasa dipasaran dan banyak digunakan yaitu dari 24C01, 24C02, 24C04, 24C08, 24C16, 24C32, seperti itu contohnya, dan biasanya yang dijual ditoko-toko adalah memory yang masih kosong, kecuali toko tersebut punya data dan alat untuk membuat memory sudah terisi sesuai model tv yang dibutuhkan oleh kita.

Bagaimana cara kerja IC Memory pada tv?

Pada waktu kita menghidupkan tv maka IC Program akan mengcopy/membaca isi yang ada pada IC Memory, seperti contoh volume di level berapa, vertical, atau posisi channel dan lainya, jadi sebagaimana data dan settingan yang tersimpan pada IC Memory akan dibaca dahulu oleh IC Program.

Oleh sebab itu pada sebagian tv ada yang nyalanya agak lama setelah Power On atau tv dinyalakan, biasanya itu pada tv yang menu settinganya banyak, dan jenis IC Memory juga mempunyai kapasitas besar seperti 24C16.

Gejala kerusakan pada IC Memory yaitu rusak total, corrupt dan error, jika IC cuma terjadi error saja maka masih bisa dipakai dengan mengisi ulang data yang baru, yaitu caranya di flash sesuai jenis model tv tersebut, atau ada juga yang cukup dengan membetulkan data yang error melalui service mode tv.

Tapi jika IC memory rusak corrupt biasanya tv tidak akan berjalan dengan normal, dan IC memory tersebut susah dibetulkan lagi datanya, apalagi kalau memory sudah benar-benar rusak total, itu wajib dilakukan pergantian.

Jika IC Memory (eeprom) rusak

Problem yang terjadi jika ada kerusakan IC Momory pada tv diantaranya sebagai berikut,

  • Akan mengakibatkan Tv tidak bisa start atau nyala
  • Jika datanya ada yang error akan berubah settingan, misalnya pada tv sharp tiba-tiba suara ngosos, pengaturan berubah jadi DK yang seharusnya BG, cara mengatasi hal tersebut bisa dari service mode jika tidak bisa diatasi melalui tombol remot langsung. Jadi sering terjadi kerusakan error pada ic memory, seperti contohnya lagi tv hanya tampil pada AV Mode.
Cara cepat untuk mengatasi kerusakan yang disebabkan oleh IC Memory adalah dengan melakukan Flash ulang, memformat data dan mengisinya dengan data yang baru sesuai dengan model mesin tv, atau bisa menggantinya langsung dengan IC yang baru, toh harganya juga terjangkau dan gak mahal-mahal amat, dan kita tinggal setting dikit pada bagian yang belum normal misalnya settingan vertical, tapi pada sebagian tv ada yang agak sulit jika diganti dengan kosongan, maka kita akan bahas kedepan tentang cara mengganti IC Memory tanpa harus flash atau memprogram.

Semoga coretan ini bisa bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 komentar

komentar
October 31, 2017 at 7:37 AM delete

Om.. Bisa minta solusi nga..? Tv sharp alexander slim.. Bergaris putih seperti buku..udah ganti fbt masih tetap aja.

Reply
avatar
September 15, 2018 at 6:52 PM delete

Mas tolong minta di jelaskan lebih rinci lg tentang ic memory ini, seperti berapa volt yang dibutuhkan memori ini agar bisa bekerja normal, terimakasih...

Reply
avatar
February 1, 2019 at 10:57 PM delete

oke gan, makasih banyaksudah share ilmu yang bermabnfaat
alat pemisah lcd

Reply
avatar
December 17, 2022 at 9:21 AM delete

Mas ic 428 m 40b 2 termasuk ic eeprom bukan suwun

Reply
avatar
July 18, 2023 at 7:05 AM delete

Tv cina di naikin cahaya, terang, warna tidak berfungsi ke layar

Reply
avatar