Mengetahui Cara Kerja TV LCD dan Diagram Blok

Pada perangkat elektronik tv LCD terdapat didalamnya merupakan bagian-bagian atau blok, serta yang dilengkapi dengan komponen-komponen didalam setiap blok tersebut, yang satu sama lainya mempunyai perhubungan dan keterkaitan kerja sama rangkaian hingga akan menghasilkan gambar yang dapat kita tonton.

Tiap-tiap blok mempunyai fungsi masing-masing, sehingga jika ada salahsatu blok yang bermasalah tentunya tv LCD tersebut tidak akan bisa nyala dengan normal, berikut adalah blok diagram TV LCD dan kita coba catat beberapa fungsi dari bagian blok tersebut dalam bahasan sederhana cara kerja tv LCD kali ini.

Melihat dari blok diagram tv LCD diatas maka dapat kita simpulkan dan disederhanakan sesuai dengan panel-panel blok yang terdapat pada tv LCD tersebut, yaitu diantaranya adalah blok Power Supply, Main board "Mikro Komputer", Inverter, Tuner, Mixer, dan Panel Kontrol. Pada panel Main Board terdapat seperti input HDMI dan USB, sedangkan input lainya seperti AV, Component, RS232C, input RGB dan input Antena terhubung pada blok Tuner. Kita bisa lihat pada gambar berikut:

Cara kerja tv LCD bagian serta fungsi Rangkaian


Blok Tuner

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa fungsi dari tuner adalah menerima sinyal RF dari Antena, kemudian mengolah sinyal RF tersebut menjadi sinyal video Pada Blok ini sinyal input dari RGB, kemudian component dan RS 232C juda dapat di-campur untuk bisa ditampilkan.

Blok Power Supply

Dalam bagian blok rangkaian Power Supply ini fungsinya untuk mensupply tegangan kerja ke setiap blok yang ada, seperti Main board, inverter, Panel control, Tuner. Tegangan input utama dari AC dirubah jadi DC dengan variasi tegangan sesuai kebutuhan masing-masing blok, dari mulai tegangan yang rendah sampai DC untuk tegangan tinggi yang mengarah ke bagian inverter.

Kemudian untuk tegangan Tuner dan Mixer biasanya diperoleh dari pembagian pada rangkaian bagian blok Main Board, jika power supply mengalami problem kerusakan maka akan berakibat tv LCD mati total.

Blok inverter

Pada bagian inverter ini mempunyai fungsi untuk menghasilkan tegangan tinggi, yang akan digunakan untuk memberikan tegangan pada lampu yang terdapat pada Panel LCD. Misalnya tegangan asalnya DC 24 v akan dinaikan dan dirubah menjadi AC yang mempunyai tegangan tinggi agar bisa menyalahan lampu tersebut, jika tegangan ke lampu putus atau tidak ada, tentunya akan berakibat layar tv LCD mengalami gelap tetapi suara masih tetap ada, sebab proses suara berada pada blok Tuner.

Bagian Mixer

Pada bagian mixer ini adalah berfungsi sebagai pengolahan gambar dalam proses Scanning, yaitu sinyal gambar yang berasal dari dari bagian Main Board, maka oleh mixer melakukan proses scanning dalam dua bagian gambar kanan dan kiri, jika salah satu kabel soket dilepas maka hanya akan muncul gambar separuh saja, dan sebagian lagi akan terlihat hanya raster putih, jika keduanya kabel output mixer kita lepas maka sinyal video tidak akan tampil, hanya akan terlihat raster putih semua pada layar.

Blok Mainboard

Pada blok bagian Main board ini terhubung ke bok Panel control, Tuner, Mixer, dan load speaker, dan dalam blok Mainboard juga terjadi pengolahan sinyal audio hingga menjadi audio yang terus diumpankan ke Load speaker, bisa diartikan bahwa power amplifier sudah ada langsung pada blok ini. Kemudian keluaran IF video yang berasal dari tuner diolah pada blok ini dan akan menjadi sinyal video yang diumpankan ke blok Mixer untuk selanjutnya proses scanning.

Selain itu fungsi Mainboard pada tv LCD juga adalah sebagai penerima perintah-perintah pengaturan dari control panel juga melalui remote dalam settingan suara, gambar, program input dan yang lainya. Jika Mainboar mengalami kerusakan biasanya akan terjadi kendala pada gambar, suara, program input serta bisa berakibat gejala pada fungsian lainya.

Bagian Control Panel

Pada bagian control panel ini terdiri atas 2 bagian, ada panel control untuk pengaturan manual juga terdapat panel sensor dari remote, panel control tv lcd ini yaitu terdapat kumpulan switch puhh button untuk ditekan saat akan mengatur program, misalnya memindahkan saluran atau naik turun volume, terdapat juga pengaturan menu serta fasilitas lainya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar