Cara Servis TV Polytron Gambar Menyempit dan Bergoyang

Kali ini membahas pengalaman service TV pada kerusakan tv merk Polytron, yang mempunyai gejala kerusakan posisi gambar horizontal menyempit dan juga goyang-goyang. Gambar yang terlihat pada layar kurang lebih hanya tiga perempat nya saja selebihnya tidak ada, atau hanya nampak hitam tidak ada gambar.

Seperti biasa awal yang dilakukan dalam servis tv yaitu pertama tama adalah cek visual kondisi komponen serta solderan pada keseluruhan chasis, didapati ternyata tidak ada komponen yang hangus terbakar atau cacat, dilanjutkan cek ke bagian solderan ternyata kelihatannya banyak solderan yang sudah retak, lalu dilakukanlah menyolder ulang semua titik solderan yang terlihat kendor dan retak. Sebab dengan resolder terlebih dahulu kita akan bisa lebih yakin memastikan letak kerusakan dan tidak sampai ada yang terlewat.

Setelah selesai menyolder hampir semua titik yang rawan retak sudah diperbarui solderanya, dan kemudian tv dicoba kembali nyalakan, wah ternyata kerusakan masih tidak ada perubahan, sama saja seperti sebelumnya layar tidak full dan bergoyang.

Pemeriksaan dilanjutkan pada bagian Horizontal dengan mengukur tegangan pada masing-masing pin flyback (FBT), dan ternyata normal saja, lalu tegangan yang lain seperti B+ juga normal sekitar 130V DC, makin penasaran juga ahirnya coba pengecekan pada komponen horizontal bahkan coba dengan replace dulu Flyback, dan ternyata masih sama juga penyakit tidak kunjung sembuh, Pergantian juga dilakukan pada beberapa komponen di sekitar flyback dan travo switching hasilnya masih nihil.

Pengecekan beralih pada bagian power supply dengan memeriksa semua ELCO pada blok regulator/supply, yang dicurigai langsung saja diganti, sampai pemeriksaan pada STR resistor dan kapasitor yang kecil juga diganti, hasilnya coba kembali TV dinyalakan tetep sama saja.

Diperkirakan komponen aktif yang dicurigai di blok horizontal dan supply sudah coba diganti, tapi ada satu yang menjadi dugaan biang kerok yaitu opto coupler, walaupun emang termasuk jarang juga mengalami kerusakan, tapi bisa juga kerusakan pada komponen otocoupler terjadi, dan ternyata memang benar setelah TV dinyalakan gambar menjadi normal dan full tanpa cacat lagi, ternyata ahirnya ketemu juga biang keroknya yaitu adalah sensor tegangan 4 kaki optocoupler ini.

Setelah tv normal dengan pergantian optocoupler selesai sudah petualangan servis tv Polytron yang mempunyai gejala gambar menyempit tidak full serta disertai gambar bergoyang, memang servis tv itu kadang yang menjadi penyebab kerusakan adalah komponen yang diluar dugaan, bagi anda yang belum tau apa itu Opto coupler ini adalah komponen pada blok power supply yang biasanya terletak di dekat trafo switching power supply, yang fungsinya adalah sebagai untuk menyetabilkan tegangan pada output Trafo, lebih jelasnya sperti pada gambar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar