Cara Servis TV LCD/LED LG Problem Suara Gemeresek Atau Ngerosok

Kali ini problem kerusakan yang dialami oleh Masagus Ibrahim yang mendapati service tv LCD/LED merek LG 32LD330, dengan kerusakan masalah audio tv lcd LG  ini suaranya saat baru on hanya suara gemerasak meskipun volume diposisi minimal tetep ada suara ngerosok seperti itu. Setelah 5-10 menit lebih suara gemerasak berangsur berkurang, kemudian barulah terdengar suaranya normal tapi tidak begitu jernih dengan sesekali gangguan seperti awal on.

Kemudian tv lcd lg ini dicoba melihat pada posisi siaran yang signalnya kurang baik, ternyata terlihat raster ikut juga terganggu saat suara gemerasak itu berbunyi, jadi intinya suara tersebut mempengaruhi juga keadaan gambar di layar jika bunyi audio ngerosok tersebut

Pemeriksaan awal pada kerusakan audio tv lcd ini adalah dengan mengecek dulu semua tegangan dari psu (power supply) dan ternyata terdeteksi normal saja. Begitu juga dengan vdd 1,8v, 3,3v, sda/scl dan 20v (16v) hadir hingga ke pin IC NTP-3200.

Kemudian dilanjutkan pada pengecekan tes elko semua OK saja, dan perburuan tersangka penyebab kerusakan problem audio ini akhirnya terhenti di R 676 100 ohm di pin 17 SData NTP-3200 yang kedapatan pada posisi sudah melar.

Setelah pergantian R676 tersebut akhirnya suara kembali jernih tanpa gemeresek kembali, suara dan gambar tv lcd ini juga kembali normal seperti sediakala, dan servis tv lcd LG yang rusak audio terdengar gemeresek/ngerosok ini tuntas sampai disitu, dengan pergantian komponen Resistor 100 ohm yang bisa dilihat jelasnya pada gambar dan skema.

Sekian tentang cara memperbaiki TV LCD merek LG yang mempunyai masalah audio, yaitu terdengar ngerosok walaupun volume di kecilkan tapi tetap suara tersebut masih ada, semoga pengalaman seperti itu bisa bermanfaat juga bagi rekan semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
March 30, 2017 at 3:23 AM delete

Mantap Salam TUSER Indonesia. Kalo butuh Part TV LCD LED Bisa Mampir ke lapak Sanzanstore. HP. 0812 8448 2048 Mau kelapak ketik Sanzanstore di google

Reply
avatar
May 28, 2020 at 11:21 PM delete

Mau tanya admin kalau input audio ic ini dimana ya?.. sda scl sebagai pengatur besar kecilnya suara bkn dari ic program?... mhn bantuannya, trims

Reply
avatar