Kerusakan TV Sharp 51V20MS Kadang Tiba-tiba Mati Sendiri

Kali ini membahas tentang kerusakan yang terjadi pada tv merek Sharp 51V20MS, yang mempunyai  problem gejala hidupnya tidak menentu, kadang tv hidup bisa seharian dengan normal dan kadang cuma sanggup nyala beberapa menit saja kemudian tv mati secara tiba-tiba, kemudian tv bisa hidup kembali apabila colokan ke listrik dicabut dulu lalu dicolokin lagi tapi tidak lama mati lagi.

TV Sharp ini menggunakan IC video M61260, IC program IXB226WJ, penyakin seperti ini memang bisa menjadikan suatu catatan bagi kita jika suatu saat kita mengalaminya sebab memang kadang seperti kerusakan spele tapi biasanya kadang menanganinya cukup panjang melelahkan serta harus dibarengin hati yang sangat super sabar sekali, berikut ini kita bahas tentang Kerusakan TV Sharp 51V20MS Kadang Tiba-tiba Mati Sendiri.

Pada contoh servis kerusakan tv sharp yang harus disertai kesabaran dalam pengerjaanya disebabkan rusaknya yang tidak menentu, kadang 1 hari bagus, kadang 4 jam mati, kadang juga gak bisa hidup dan susah hidupnya, terus giliran pas dapat hidup tiba-tiba 10 menit sudah mati lagi, di cabut colokan dihidupin lagi bisa hidup, dan begitu seterusnya.

Baca juga : Service TV SHARP 14V20MS Mati Protect Setelah 10 Menit

Mencari penyebab kerusakan seperti ini memang kadang ditemukan secara tidak sengaja walaupun kadang juga tidak terlalu sulit, kadang juga seperti  iseng-iseng berhadiah pas lagi kebetulan, pada saat tv tersebut digarap lagi setelah dilacak ternyata hor osc out mandeg di basis TR Q604 sebelum masuk ke tr driver hor, setelah langsung melakukan perggantian pada tr smd tersebut ternyata tv langsung byar dan tidak lagi mengalami gejala mati lagi, penyakitnya sudah sembuh dan normal kembali, uwalah dari hal yang kecil dan sulit di prediksi ternyata cuma tr smd yang kecil itu penyebabnya toh membuat kita harus teliti dalam melakukan servis tv tersebut.

Banyak juga penyebab problem tv sharp tiba-tiba mati sendiri, dan penyakit seperti ini memang sering disebabkan juga dari hal yang sepele, kadang pada saat tv tersebut hidup di cek semua tegangan dan komponen bagus, seperti pernah terjadi pula pada pengalaman saat service tv sharp yang mati protek, tv bisa hidup kemudian mati lagi yang ternyata penyebabnya adalah kaki dari komponen SMD bagian area vertikal yang tidak sempurna koneknya walaupun solderan dilihat seperti  aman-aman saja,  setelah resolder pada ic smd tersebut tv bisa normal kembali.

Nah dari contoh problem seperti diatas bisa kita simpulkan bahwa penyakit tv memang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, walaupun penyebabnya hal sepele tapi tidak mudah begitu saja bisa diatasi, jadi jangan anggap remeh soal penyakit yang hanya nyolder doang, jangan gara-gara hal tersebut upah servis juga harus sepele, tapi kita harus hargai otak, waktu, kesabaran, dan biaya listrik saat melakukan pengecekkan yang lumayan perlu super teliti dan sabar, sebab banyak orang yang menyepelekan kerja keras tukang servis hanya gara-gara tidak ada komponen yang diganti padahal tukang servis tetep harus puter otak menelusuri penyebabnya, dan mencari penyebab kerusakan tv tidak bisa dilakukan tanpa keahlian serta ilmunya.

Jadi walaupun penyebabnya memang sepele, walaupun kita juga sudah membaca cara-caranya sendiri di buku atau tutorial tapi tidak setiap orang bisa melakukanya begitu saja, tiap orang punya bakat masing-masing juga, banyak yang mencoba belajar tetep sulit sebab tidak merasa cocok dengan hati-nurani kali ya, hehehe. Maka pelajarilah jika kita memang memiliki potensi bakat dan hoby pada bidang elektronik. Itulah tulisan kali ini tentang Kerusakan TV Sharp 51V20MS Kadang Tiba-tiba Mati Sendiri, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

10 komentar

komentar
March 26, 2017 at 12:46 AM delete

Anjir bertele-tele artikelnya

Reply
avatar
March 26, 2017 at 12:46 AM delete

Anjir bertele-tele artikelnya

Reply
avatar
May 5, 2017 at 3:19 AM delete

Ass,kang mau tanya saya punya tv sharp lcd, nah malem masih nyala tp tiba2 mati terus lampu led merah, kenapa yah kang yg rusaknya mks

Reply
avatar
October 23, 2017 at 9:14 AM delete

nuhun kang aslina tv normal...

Reply
avatar
December 24, 2017 at 6:25 AM delete

Maaf mau tanya kang tv sharp tabung kadang2 mati kadang2 se-hari2 hidup kadang sulit d hdupin .kira2 apa yg hrs di ganti.? Krn komponen tdk kecil2 sprti yg akang post.trms.

Reply
avatar
July 18, 2018 at 5:33 AM delete

Makasih mas artikelnya membantu sangat... Mudah2an rezekinya lancar......

Reply
avatar
August 22, 2018 at 6:34 AM delete

Mas mau tanya tv tiba2 mati total.tpi berbunyi.bunyi setelah dihidupkan
lampunya tidak menyala..apa ya prnyakitnya......

Reply
avatar