Service TV LG Slim Kerusakan IC Vertikal

Kali ini mengulas tentang kerusakan tv LG Ultra Slim dengan kerusakan awal tv protek, tv jika dinyalakan kembali standby dan ternyata setelah beberapa kali dicoba di On kan layar terlihat garis lurus ditengah layar melintang secara horizontal, ternyata penyebab protek tersebut adalah bagian vertikal yang tidak bekerja, sehingga layar hanya garis kecil lurus ditengah saja.

Tv LG ini memakai ic utama LV762xxx, ic vertikal LA78141 serta Regulatornya memakai STR W6554. Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata ada bagian solderan yang kendor pada area vertical, lalu dilakukanlah penyolderan ulang pada area tersebut dan area yang lain yang sekiranya ada yang terlihat retak. Setelah itu tv dicoba test kembali di start, ternyata masih sama saja protek serta layar bergaris tengah, berarti bukan hanya solderan tersebut yang menjadi masalah pada tv merek LG Slim ini.

datasheet la78141
Dilanjut dengan pemeriksaan pada tegangan vertikal ternyata terukur normal saja sekitaran 26volt, dan langsung tertuju saja pada ic vertikal LA78141 untuk dicoba langsung ganti, tapi berhubung service tersebut panggilan dan kebetulan tidak bawa stok ic LA78141 adanya ic STV9379, dicek datasheet ic tersebut ternyata ada kesamaan seperti ic STV9326 juga sama, dan dicoba saja melakukan pergantian dengan ic STV9379 saja yang ada saat itu.

datasheet stv9379
Setelah ic vertikal dipasang coba tv dihidupkan lagi ternyata tv dapat nyala dan layarpun membuka tampak gambar, tidak bergaris tengah lagi, tapi ada sedikit kendala pada sisi bagian bawah terlihat seperti ada sedikit garis-garis benang, pada sisi layar bagian atas juga ada sedikit garis benang, berarti masih ada sedikit yang perlu disempurnakan pada bagian vertikal tersebut, dicurigai elko 100uf 35v dan 1uf 50v yang perlu diganti pada elko vertikal, tapi berhubung hari itu waktunya mepet dan cuma bawa stok ic 100uf dibawah 35v maka kerjaan ditunda dulu dan ditinggal pulang, tapi yang punya tv katanya mau menonton dulu waloupun ada sedikit garis-garis, ya saya perbolehkan lah sementara sampai besok dilanjutkan lagi garapan.

Tapi besoknya sebelum saya sempat pergi lagi kerumahnya, yang punya tv LG tersebut sudah menghubungi katanya tv mati lagi seperti penyakit sebelumnya, owalah ternyata setelah dilanjut periksa lagi ic vertikal sudah dalam keadaan pecah, langsung saja dilakukan pergantian dengan ic sama seri nya dengan asalnya yaitu LA78141, tidak lupa pula langsung ganti elko 100uf juga yang belum sempet terganti. Dan ahirnya tv bisa nyala lagi kali ini dengan layar normal tanpa ada cacat garis-garis seperti benang juga.

Sampai disitu coba ditest tv running lalu dicek diraba pada pendingin ic vertikal, wow ternyata ic vertikal tersebut panas banget seperti masih ada yang kurang beres nih, kemudian dicoba cek lagi kali aja tegangan berubah yang mengakibatkan ic vertikal panas, pantesan ic kemarin mati lagi lah wong panas sekali saat dipegang pendingin, saya fikir kalau gitu bisa berabe nih percuma ic vertikal diganti juga bisa-bisa tetep mati lagi hingga berkali-kali harus ganti ic vertikal kalau masih belum normal.

Dilanjut dengan coba cek dengan teliti lagi hal yang mencurigakan yang membuat ic vertikal panas tersebut, tapi dirasa semua gak ada masalah, tegangan juga normal saja. Kemudian coba di test saja tv dinyalakan dalam waktu agak lama, dengan sebelumnya ic vertikal tersebut dikencengi bautnya hingga benar-benar menempel pada pendingin atau heatsink. Tadinya walaupun saat itu ic vertikal mau mati lagi juga tidak apa-apa mumpung masih ditongkrongin running test, dan posisi gambar saat itu sudah terlihat normal tanpa cacat sedikitpun.

Setelah penasaran di test hampir beberapa jam disitu sambil nonton berita dan sesekali ngobrol-ngobrol sama yang punya tv, tapi tv tetep nyala normal walaupun kondisi ic vertikal sepertinya panasnya berlebih dari biasanya jika ic vertikal di pegang biasanya tetep agak adem-adem, sebab kelamaan nungguin ahirnya diputuskan tv tersebut ditutup saja dan biar dicoba oleh pemiliknya saja berhari-hari. Dan ternyata tv pun tetep nyala normal katanya tidak mati lagi, yaudah ahirnya servis tv LG tersebut dianggap selesai hingga batas waktu yang tidak ditentukan kemungkinan juga bisa rusak lagi atau malah awet bertahun-tahun hehe.

Demikian ulasan tentang service tv LG Slim kerusakan ic vertikal, walaupun memang tv ini posisi ic vertikal memang panas seperti agak overheat begitu, tapi ternyata tv bisa nyala normal, dan jangan lupa agar ic vertikal tidak mati lagi kita harus melakukan pergantian dulu pada elko atau periksa solderan juga, biar ic vertikal tersebut tidak malah terlalu panas berlebih, sebab jika ada elko yang kering juga bisa menyebabkan ic vertikal panas berlebihan, serta usahakan baut ic tersebut harus benar-benar kencang agar menempel dengan sempurna pada pendingin, dan lebih bagus lagi dipakai pasta juga sebelum dipasang, sebab memang ic vertikal tv LG Slim seperti ini lumayan panas juga. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
November 4, 2016 at 8:52 AM delete

Assalamualaikum... Mas bro numpang sharing.tv q LG terdapat garis vertical setelah q hidupkan standby LG.setelah q gnti ic vertical ic 78141.tetap sma, mental solosix bro... Trims. Udi

Reply
avatar
August 29, 2018 at 1:09 AM delete

ooo sekarang saya tahu titik permasalahannya dimana, makasih gan udah diulas . salam sukses
https://www.tokopedia.com/codyonline/etalase/blower-solder-uap

Reply
avatar
September 8, 2018 at 1:29 PM delete

klw terdapat garis vertical berarti permasalahannya ada pada bagian horizontalnya
begitu juga sebaliknya cuman bantu jawab:)

Reply
avatar
March 4, 2020 at 5:51 AM delete

ASSALAMUALAIKUM....master mau tanya tv sya LG,pas pertama dinyalain tv hidup normal terus stelah 5 menit tv nya kembali ke mode standby...terimakasih sebelumnya

Reply
avatar