Service TV LCD dengan Cara Di Cut atau Sunat

Pada kesempatan ini akan kita bahas tentang solusi servis TV LCD dengan metode Cut jalur atau baisa disebut dengan istilah di Sunat, proses memperbaiki masalah kerusakan TV LCD dengan melakukan pemotongan jalur ini merupakan suatu Alternatif  perbaikan yang sangat mudah serta tergolong sederhana maka penyakit tv pun dapat teratasi hingga TV bisa terlihat nyala normal lagi, tapi disamping kemudahan itu tidak sembarang kita bisa langsung melakukan cut/sunat pada jalur begitu saja, tapi harus dengan pengalaman dan keahlian khusus juga. Uwalaah.. jadi gak segampang yang dibayangkan toh? Ya iyalah, jangan asal maen potong. Tukang sunat juga kalau asal maen potong sembarang bisa berbahaya kalo kepleset sasaran :).

Memang servis alat elektronik itu kadang kala dihadapkan dengan resiko, termasuk apabila kita memperbaiki TV LCD, apabila tidak hati-hati malahan bakal jadi fatal akibatnya, seperti malah terjadi  COF Sobek atau kesalahan kelalaian lain, tapi yang penting kita hati-hati saja pasti aman dan yang penting harus pakai ilmunya. Dalam hal cut jalur panel TV LCD ini sebenarnya merupakan solusi untung-untungan juga, yaitu dengan metode sunat tv tersebut kadang bisa  bertahan lama atau sebaliknya, jadi sepenuhnya tidak bisa di prediksi juga.

Cara service dengan solusi Cut atau Sunat pada panel TV LCD


  • Hal yang perlu diperhatikan dalam proses cutting ini, dan menurut sumber-sumber yang didapat adalah, kadang terdapat dua bagian yang harus di cut, yakni jalur kiri dan kanan, tapi alangkah baiknya kita pilih satu diantaranya saja, kita cut antara bagian kiri atau kanan tinggal pilih saja salah satunya. Contohnya kita cut saja bagian kanan terlebih dahulu, jika sudah di cut/potong bagian kanan tapi tetep masih tidak ada perubahan yang berarti, maka harus kita sambung lagi kemudian pindah untuk cut bagian kiri sambil kita memperhatikan proses perubahan yang dihasilkan.
  • Dalam kerusakan yang terjadi seperti double gambar biasanya cuma terjadi pada panel-panel tertentu saja, dan panel produk Samsung merupakan panel yang banyak dipakai pada merek lain, contohnya seperti polytron, toshiba, sony dan merek samsung itu sendiri.
  • Seperti pada contoh kerusakan pada panel buatan samsung dengan IC COF Tunggal, row melewati kanan dan kiri, row itu yang mempunyai problem tidak sinkron antara kanan dan kiri nya, dengan demikian yang bermasalah tersebut harus dibuang, yang biasa para tuser sebut yaitu di Sunat atau Cut yang hanya menyisakan satu row saja.
Jadi apabila kita melakukan proses perbaikan dengan di Cut atau di Sunat, baik itu pada kerusakan double vertikal dengan cut CKV, CKVB, atau kerusakan yang lain,  itu termasuk solusi servis tv lcd untung-untungan juga, sebab kadang ada yang sanggup bertahan hingga setahun atau lebih, kadang juga hanya bisa bertaha satu minggu saja, maka dari itu yang punya tv tersebut juga harus memahaminya jika teknisi menjelaskan masalah tersebut, selagi yang punya tv belum mau ganti panel baru, ya dengan Cut atau Sunat itu solusinya.

Itulah sedikit ulasan tentang  cara service panel tv lcd dengan cara di cut jalur atau disunat, Service TV LCD dengan Cara Di Cut atau Sunat, ulasan tersebut bukan tentang kasus kerusakan yang terjadi dengan solusi sunat, tapi tentang kasus kerusakanya kita akan bahas lain waktu saja biar nulisnya gak kepanjangan, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar